Minggu, 31 Maret 2019

Pentingnya Hubungan Intensif antara Orangtua dan Anak


Keluarga adalah sekolah pertama bagi seorang anak. Pepatah mengatakan “Buah tidak jatuh jauh dari pohonnya”. Pribadi dan tingkah laku seorang anak dapat dilihat dari pribadi dan tingkah laku orangtuanya. Seorang anak dengan salah satu dari kedua orangtuanya bisa dikatakan “Bagai pinang dibelah dua”. Hubungan orangtua dan anak sangatlah dekat. Semakin beranjak dewasa, seorang anak dapat melihat dunia yang begitu luas. Akan banyak hal baru yang mereka ketahui. Entah itu hal positif, maupun hal negatif. Rasa penasaran yang mendalam dapat menjerumuskan mereka ke lubang yang belum pasti benar. Jika sosialisasi pertama yang diberikan oleh kedua orangtua anak tersebut sempura, bisa dipastikan anak tersebut dapat memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Sebaliknya, jika kedua orangtua tidak dapat memberikan sosialisasi yang sempurna kepada anak mereka, anak tersebut bisa melakukan hal menyimpang yang melanggar aturan dan norma yang berlaku di masyarakat sekitar.
Masalah pekerjaan dan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menyebabkan semakin longgarnya hubungan anak dan orangtua. Mengapa? Kedua orangtua yang memiliki jam kerja “Berangkat pagi pulang malam” menyebabkan sedikitnya waktu kebersamaan yang terjadi di keluarga tersebut. Zaman sekarang, kecanggihan teknologi bagaikan barang adiktif bagi yang menggunakannya. Dengan adanya teknologi, khususnya handphone, semua orang mengabaikan segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya. Lupa waktu, lupa belajar, lupa kerja, lupa makan, lupa anak, lupa orangtua, lupa kewajiban, dan lupa segalanya.
Untuk saling menjaga keharmonisan yang terjadi di dalam keluarga tersebut maka seringkanlah diadakan interaksi mengenai kegiatan sehari-sehari yang mereka jalani hari itu. Adanya kegitan yang dilakukan bersama juga, seperti berkebun dan rekreasi, dapat mempererat hubungan anak dan orangtua. Tidak ada seorang anak yang menginginkan orangtuanya bersedih karena perbuatannya. Tidak ada orangtua yang menginginkan anaknya menjadi buruk di kemudian hari. Maka dari itu, hubungan intensif antara anak dan kedua orangtuanya sangatlah penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar